Sabtu, 22 November 2008

"Cara Cerdas Mencari Kerja"



Buku yang mengangkat judul “Cara Cerdas Mencari Kerja” ini merupakan satu buku panduan bagaimana cara ataupun kiat-kiat untuk mencari hingga mendapatkan pekerjaan, pekerjaan yang kita inginkan tentunya. Buku tersebut menuntun kita para pembacanya tentunya dengan segala hal-hal penting dan kebutuhan dalam mencari kerja yang disuguhkan di dalamnya, serta menggunakan gaya penulisan yang tidak terlalu tinggi sehingga akan jauh lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti serta kita ingat dengan jelas.

Buku ini mengangkat kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam mencari pekerjaan mulai dari langkah dasar seperti bagaimana menyiapkan surat lamaran yang dapat membuat perekrut tertarik, juga kesalahan-kesalahan umum dalam pembuatan CV. Jelas dikatakan dalam buku ini, mengapa banyak orang gagal mendapat pekerjaan, padahal sudah ratusan kali mengirim surat lamaran. Intinya adalah bahwa kebanyakan tidak punya cara istimewa untuk merebut peluang kerja. Dan buku ini memberikan solusi dalam berburu pekerjaan, agar lamaran yang dibuat diperhatikan oleh perusahaan tersebut.

Satu kalimat yang menarik perhatian saya “harus mempunyai cara cerdas, atau berkas lamaran anda di buang ke tong sampah”. Menurut saya kelebihan awal buku ini adalah kalimat tersebut yang tertera di belakang cover, jelas sebuah kalimat yang sangat tepat untuk menarik minat juga perhatian pembaca untuk mengetahui lebih jauh akan isi di dalam buku ini.

Buku yang lembar halamannya sebanyak 116 halaman ini akan lebih baik apabilamenyisipkancontoh-contoh yang lebih spesifik, seperti sebuah rangkaian kalimat yang menuliskan “perekrut bisa saja langsung malas membaca surat lamaran atau CV yang disusun secara tidak menarik”. Maksud dari kalimat tersebut, setiap orang memiliki kapasitas dan takarannya masing-masing. Bagaimana bagi seorang yang pemula dan belum memiliki banyak pengalaman yang dibutuhkan? Mungkin saja menurutnya CV yang dibuat cukup menarik dan memuaskan, tetapi mungkin saja kurang maksimal menurut tujuan buku tersebut.


Dalam halaman akhir buku ini menyajikan dan menginformasikan kunci sukses selain menjadi diri sendiri. Terdapat 20 kunci hal yang harus dipahami dan beberapa di antanranya seperti : “pekerjaan anda yang akan dating dimulai dari apa yang dilakukan hari ini; Kenali diri, dan temukan kompetensi diri anda; Ada saatnya harus mengikuti perasaan atau intuisi; Selalu percaya bahwa anda dapat melakukan lebih baik; Memiliki kepercayaan yang cukup”. Kunci sukses yang tentu membangunkan semangat dan kepercayaan diri dari membaca buku ini, dan sesuai dari tujuan buku tersebut untuk tidak mundur saat adanya awal yang kurang baik, tetapiterus mencoba, terus dan terus mencoba untuk dapat melakukan yang terbaik.

Tidak ada komentar: