Senin, 02 Februari 2009

“Warna Warni Kehidupan Anak Kos”


Anak Kos Dodol (Dewi “Dedew” Rieka)

Saat pertama kali membaca judul buku ini tersampaikan dalam benak, judul yang memberikan kesan jauh dari formal dalam artian lebih kepada kehidupan dari kebiasaan sehari-hari. Tetapi kalimat yang berkedudukan sebagai judul tersebut bila dibaca kembali terasa lebih dekat dan berkesan akrab. Begitu pula dengan cover terutama pada bagian depan buku yang di desain cukup unik dan dengan menampilkan warna-warna senada sehingga tidak bosan untuk melihatnya berulang kali.

Setiap babnya menyisipkan kata-kata maupun kalimat-kalimat bijak yang menggugah hati juga perasaan pembaca. Seperti kutipan yang berbunyi “terlalu mahal harga dari sebuah pelajaran”. Begitu menyentuh perasaan, membuat hati pembaca terenyuh terbawa suasana dari setiap alur cerita.

Buku yang cukup baik untuk pembelajaran dan pegangan dalam pengalaman terutama bagi pembaca yang masih duduk di bangku kuliah dengan kehidupan sehari-hari kos dimana jauh dari orangtua. Memberikan gambaran kepada pembaca untuk dapat lebih dewasa, tetap senang dengan tersenyum, bahkan hidup prihatin yang jauh dari kehidupan serba dilayani. Buku ini pula dapat menggugah pembacanya untuk lebih berhati-hati dalam dunia pergaulan walaupun berada ditengah lingkaran yang dapat menjerumuskan.

Dalam setiap isinya berbagai perasaan terasa menyelimuti jiwa dan merasuk sukma. Adakalanya pembaca dibuat tertawa geli, tetapi tiba-tiba terenyuh karena hati ikut merasa pilu dan tersentuh. Terdapat sangat banyak pelajaran moral dari setiap kisah yang dapat dijadikan pelajaran dan pengalaman berharga dari sekedar warna warni kehidupan.

Tokoh dalam cerita yang keseluruhan merupakan kaum wanita dengan karakter dan tentu kepribadiannya masing-masing, ternyata lebih dari sekedar wanita biasa. Kadangkala tiba-tiba menuntut harus menjadi seorang detektif dadakan untuk memecahkan suatu masalah, siap saat mendadak untuk saling gotong royong membantu sesama teman, mencari akal bagaimana mendapat uang saku tambahan dari hasil usaha sendiri, kadang pula memutar otak untuk mencukupi kebutuhnnya setiap kali ada pengeluaran lebih yang tidak dapat dipertimbangkan. Bukan suatu hal yang mudah bagi seseorang yang terbiasa hidup penuh manja dan disuapi dari latar belakang keluarga masing-masing.

Seorang penulis yang masih cukup belia pada usianya untuk memulai sebuah karier di dalam dunia penulis buku. Seorang yang bernama lengkap Dewi Rieka Kustiantari yang akrab dipanggil dedew ini seorang perempuan asal Sunda-Makasar. Gemar mengkhayal, cinta menulis, gila membaca, dan cita-citanya berprofesi sebagai seorang guru serta berniat keras membuka bisnis online.

Penggunaan bahasa yang cukup mudah untuk dipahami pembaca, walaupun kadang terdapat beberapa bahasa daerah dari beberapa cerita yang tersaji dan bertujuan untuk membuat suasana hati dari pembaca menjadi hangat dan santai bahkan tertawa geli karena kekonyolan cerita yang terdiri dari rangkaian kata maupun kalimat.

Seperti halnya terdapat cerita yang memiliki makna pendidikan moral untuk di bagikan penulis kepada pembaca bahwa untuk segala sesuatunya tidak di pandang remeh dan suatu hal yang enteng, tetapi bila dengan persiapan yang lebih matang setiap kendala yang merintang dapat ditanggulangi dengan mudahnya.

1 komentar:

Mas Hery mengatakan...

itu penerbit gradien bukan ya bukunya?